html> SANG PENYIAR <$BlogRSDURL$>

Friday, December 31, 2004

TERAKHIR 2004
Hari ini hari terakhir 2004. Korban Aceh sudah mencapai 80.000 orang. Jumlah yang tak terbayangkan. Jumlah yang kalau berbentuk tumpukan mayat bisa seketika memunculkan ilusi tentang kiamat. Sebagian orang sudah menyebut kata “kiamat”. Terutama bagi mereka yang kehilangan seluruh anggota keluarga secara sekaligus. Suatu kesedihan yang di luar kemampuan kita untuk berempati.
Hari ini aku berpikir tentang berbuat sesuatu untuk Aceh. Tapi kemudian yang aku lakukan sebatas mengirim sms kalau-kalau ada yang mau menyumbangkan baju anak-anak. Dan, memasukkan beberapa lembar uang ke kotak peduli Aceh. Setelah itu apa lagi ?
Hari ini mungkin kita bersemangat memberi bantuan ke Aceh dengan cara masing-masing. Tapi tetap akhirnya terbetik satu kesadaran: kita cuma memberi sedikit. Sebagian dari kita --termasuk aku-- berhenti hanya pada membei lalu sudah. Seakan-akan kita sudah melakukan tugas. Salut untuk Si Paul. My Friend. Dia memaki-maki aku karena tv masih saja terus-terusan menayangkan parade kesedihan tanpa solusi sama sekali, dia memaki aku karena di Aceh tidak ada yang menjadi koordinator, dia memaki aku karena meredia tidak terus-menerus menekan pemerintah supaya segera memberi isntruksi yang berarti. Dia pontang-panting mengetuk hati orang supaya berbuat sesuatu. Dia kesana kemari mengumpulkan baju-baju yang layak pakai. Dia terus mengecek apakah dia sudah bisa diberangkatkan sebagai sukarelawan atau belum. Kawan, aku tidak pernah tersinggung kamu maki-maki. Seumur hidup belum pernah aku lihat kau marah. Tapi kali ini kau begitu marah oleh sesuatu yang bukan menyangkut diri kamu sendiri. Kau marah karena Aceh.
Hari ini aku masih mendengar banyak ketawa di sekitarku. Seandainya ketawa itu bergema dan terdengar hingga ke Aceh, sepedih apakah yang mungkin dirasakan hati mereka ? Dan, aku tidak bisa bayangkan jika di malam ini masih ada yang tega meniup terompet kegembiraan........

Comments: Post a Comment

This page is powered by Blogger. Isn't yours?